Industri Anti-Kapitalis!
Kapitalisme - suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya
Musik adalah seni pada awalnya. Seiring waktu berjalan, komersialisasi semakin merasuki dunia musik. Term “industri musik” pun lazim terdengar di telinga.
Sampai di sini, tidak ada masalah.
Gue bisa memaklumi seniman-seniman dengan kualitas buruk yang kerap bermunculan. Mereka terkenal dan menjadi lebih kaya dari seniman berkualitas baik. Well, money talks.
Namun ada satu hal yang gue sesali: pemecatan anggota band karena kesalahan yang bersifat temporer.

Anthony Kiddies, vokalis Red Hot Chili Peppers, pernah kecanduan narkoba dan harus menjalani masa rehabilitasi. Apakah teman-temannya memecatnya karena alasan bisnis atau citra band? Tidak.
Red Hot Chili Peppers menunda semua schedule mereka, mulai dari rilis album baru, tur, sampai meminta revisi kontrak dari label yang menaungi mereka, sampai Anthony Kiddies selesai menjalani masa rehabilitasi.
Apakah Red Hot Chili Peppers bukan band yang business-oriented? Jelas mereka business-oriented. Namun, mereka tau mana yang lebih penting antara bisnis dan teman. Mereka lebih people-oriented daripada business-oriented.
Pekerjaan datang dan pergi, namun teman sejati setia mendampingi. Jangan biarkan komersialisasi meracuni pertemanan. Racunilah komersialisasi dengan pertemanan.


1pinkparis
wrote on 23 February 2010 at 13:12
agree, apakah sebegitu tega nya ya teman-teman satu band nya sampai seperti itu? well, money is the only answer for that I guess. such a pity …
2waterbomm
wrote on 23 February 2010 at 13:13
yap setuju banget,
dengan begitu makin jelas band mana yang emang bener2 cuma ngejar duit. ya duit emang gak bisa lepas dari kehidupan. tapi duit gak bisa disamaain sama persahabatan.
aih komen apa sih ini..
3dnial
wrote on 23 February 2010 at 13:17
Kalau lihat wawancaranya Kerispatih di TVOne, mereka bilang sendiri kalau Kerispatih itu bukan band yang berteman. Mereka profesional, cuman ketemu buat latihan dan manggung. Di luar itu, masing2 lah…
Kalau gitu, ya tepat kalau Sammy dikeluarkan. Lebih mirip kayak kantor daripada pertemanan. Lo salah, dipecat.
4katakataku
wrote on 23 February 2010 at 13:19
yupz, setubuh bangtd bang (lol)
di masa sekarang makin susah menemui band2 dengan ciri khas mereka. maksudnya, ketika awalnya mereka mengusung aliran musik rock ato apa lah, eh tiba2 pas masuk dunia rekaman (terutama yg major) malah bantir setir ke dunia pop (melow lagi -doh) karena pasar tentunya.
lihat dan dengar saja band2 yang berserakan di negeri kita sekarang pada mellow2, dan malah mengikuti sesama band2 yang udah ada. akhirnya bisa dikatakan, semua band rasanya sama saja
5meong
wrote on 23 February 2010 at 13:28
kan, keris patih musti jaim sbg band anak baik2 dan memperhitungkan penggemar yg notabene dr kalangan gadis2 ABG… citra good boys itu bakalan bisa menodai branding keris patih gara2 sammy kena narkoba…
lagian pengguna narkoba di indo kan msh dianggap aib, tdk selapang dada di amrik tmp-nya RHCP gitu…
*analisa ngawur*
6macangadungan
wrote on 23 February 2010 at 13:28
klo gue jadi sammy, pasti sedih. mulai dari bawah bareng2, tapi ketika ada yang “jatuh”, malah ditinggal.
people makes mistake. dan saat itu, seharusnya teman2 ada untuk membantu survive. bukan menghakimi dan meninggalkan… apalagi jika hanya karena image.
ah, tapi mungkin juga emang udah ada perjanjian tntg hal kayak gini di kontraknya kerispatih. kalo kejadiannya gitu, well… kontrak adalah janji, dan janji adalah hutang.
7aRuL
wrote on 23 February 2010 at 13:57
mungkin sy sepemikiran dg dnial tentang band kerispatih, yah saya liatnya dari kontrak awal mereka membentuk band, bukan dari band mereka bentuk karena emang bentuk persahabatan…
8manusiasuper
wrote on 23 February 2010 at 14:35
Ari Lasso dulu ceritanya juga begitu kan? Bedanya, Dhani ndak ninggalin dia, album solo dia juga playernya semuanya anak-anak dewa kan?
9pandaya
wrote on 23 February 2010 at 15:10
setuju, sahabat yang akan selalu ada dalam suka dan duka memang susah ditemukan. berasa habis manis sepah dibuang
10kucing_usil
wrote on 23 February 2010 at 17:33
suka banget dengan Kerispatih waktu di albumnya Gulalikustik
tapi begitu masuk major label, kok ya lebih sering dengar gosip daripada prestasi musiknya. sempat dengar juga dulu Badai dengan Sammy yang cekcok gara-gara perempuan … halah
*menebar aroma gosip*
11nadia friza
wrote on 23 February 2010 at 20:15
apakah mereka temenan terus ngeband atau ngeband bareng makanya temenan? beda kan..
12tammi
wrote on 23 February 2010 at 21:48
iya gue inget el lo pernah nulis hal yang sama kaya gini di blog lama lo ttg ahmad dhani dan ari lasso hehehe.
contohnya RHCP juga kalo ga salah.
dan pas nonton beritanya gue keinget postingan elo yg itu.
bener sih, menurut gue susah kalau dalam satu band itu enggak mendukung satu sama lain. jadi kesannya kaya ‘tool’ doang demi mencapai tujuan bersama.
13tary
wrote on 23 February 2010 at 23:38
hehehe kirain tadi di awal2 postingan mau ngebahas sammy kerispatih, ternyata RHCP gw salah satu yg ngefans bgt, sangat di sayangkan sebenernya. kalimat terakhir postingan bagus juga, bisa di praktekin??
14tary
wrote on 23 February 2010 at 23:46
band2 indonesia yg punya masalah yg sama dg narkoba baiknya bisa mencontoh RHCP, kl gak salah ari lasso di dewa19 dulunya juga di depak krn kasus narkoba, trus juga hedi yunus, dany java jive dan yg terakhir sammy.
15oglek
wrote on 24 February 2010 at 1:27
seharusnya mereka mendukung anggotanya yang sedang tersangkut masalah, bukan malah mendepaknya.
16Fenty
wrote on 24 February 2010 at 8:07
ah keren postingan ini *komen gak mutu* :p
17adiarta
wrote on 24 February 2010 at 12:26
kalo gitu band2 indonesia kayaknya lebih ke business-oriented daripada people-oriented ya..!?!
18Kuta Kharisma
wrote on 24 February 2010 at 12:31
salam kenal 0_0
19orange float
wrote on 24 February 2010 at 15:21
mungkin teman-temannya hanya ingin memberi pelajaran aja supaya yang lain tidak ikutan terlibat narkoba juga
20pudak
wrote on 24 February 2010 at 15:28
Jika benar demikian alasannya, saya salut dengan RHCP!
21depz
wrote on 24 February 2010 at 15:41
yeap
ironis
but… money talks..
22chocovanilla
wrote on 24 February 2010 at 16:11
Waduh, adakah yang begini di Indonesa? Hmm…..
23DV
wrote on 24 February 2010 at 16:42
Tulisan ini harusnya dilempar ke anak-anak kerispatih
24iLLa
wrote on 24 February 2010 at 18:44
sepakat banget tuh!!!
walopun ga ngefans2 amat sm Sammy, saya termasuk yg menyesali sangat keputusan Badai dkk yg memecat Sammy. Ddih, giliran susakh aja, ga mw bareng2, huhh :masih kesal bet, sumpah:
eini memang “ngemengin” mereka kan?
25Reza Fauzi
wrote on 24 February 2010 at 19:41
pertemanan digadaikan untuk bisnis, haha
26sauskecap
wrote on 24 February 2010 at 19:46
ini sikap band yang aku suka… kalau teman ada masalah.. soal urusan band ditinggalkan dulu untuk membantu temannya… uang belakangan.. bukannya nyari vokalis baru… seolah-olah yang lama itu menjadi aib buat bandnya…
27vany
wrote on 25 February 2010 at 0:10
yah, begitulah band2 indonesia skrg, mas…..
memang ironis ya….
eh, ini ngomongin ttg kerispatih bkn siyh?
28ocha
wrote on 25 February 2010 at 0:45
ironisnya adalah, dikala persahabatan itu digadaikan demi ketenaran dan kekayaan
29venus
wrote on 25 February 2010 at 0:56
racunilah komersialisasi dengan pertemanan? baru denger istilah ini. tapi bener juga sih… aduh komenku ngasal, bingung mo ngetik apaan, hihihi..
anyway, i’m glad we talked. nge-date yang lucu, tumben2an kita ngobrol serius. so now we’re cool? love you, sweet thing..
30bri
wrote on 25 February 2010 at 7:23
salam pagi nanceria mas bro, hai apa kabar?
hadooh si sammy buat ulah seeh…lagian kemana ajah kenapa baru sekarang (dinyanyiin sama slank^^)
bri seeh berharap kedepan agar seorang musisi bermusik bkn karena lagunya ingin dijual kepasar industri..melainkan karena jalur musik adalah hidupnya (sotoy iah mas bro^^..maaf lowh)
semoga berhasil ^o^
31didot
wrote on 25 February 2010 at 11:16
yah setuju sih sama pendapatnya,cuma mungkin kalo kasus kerispatih ini rada beda karena terbentuk dari kontrak kerja profesional ya? dasarnya emang bukan pertemanan dulu:D
btw soal RHCP,si frusciante katanya sekarang keluar lagi??
32warm
wrote on 25 February 2010 at 18:19
ah, bener sekali, mas
jadi inget band semacam Slank dan Dewa yg memecat anggotanya karena masalah gituan
33morishige
wrote on 25 February 2010 at 19:15
saya sih yang paling kecewa sama Dewa 19 dulu. cuma gara-gara narkoba, Ari Lasso dikeluarin. padahal dia udah gabung dari awal dan mereka berlima udah klop satu sama lain. suara vokal Ari bisa dibilang udah nyatu lah sama gitarnya Andra. tapi malah nggak dikasih kesempatan dan dikeluarin…
coba Dewa kayak RHCP, pasti sampe sekarang masih jaya.. dan berkarakter.
nyatanya sekarang uanglah yang bicara.
34fisto
wrote on 25 February 2010 at 21:32
gak selalu band yg memecat personilnya itu karena teracuni komersialisasi atau kapitalis sih…banyak juga yg masalahnya non-teknis deh kayaknya…udah gak cocok lagi ngeband bareng, bentrok ama keluarga, dsb dsb….walaupun ada juga yg karena ngejar setoran trus anggotanya dikorbankan…
35vivi
wrote on 25 February 2010 at 23:42
jd inget sammy
setuju bang, teman adalah segalanya, yg pling ngertiin Qt, so keep friendship ^_^
36darahbiroe
wrote on 26 February 2010 at 10:32
betul banget..
ya emang sich gak munafik duit itu memang perlu
berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih
salam sukses
37zee
wrote on 26 February 2010 at 15:17
Tergantung casenya bagaimana dulu. Tidak selamanya harus melulu mendahulukan pertemanan. Pertemanan itu kan timbal balik, jadi memang hrs ada kesepakatan bersama, jd apapun keputusan yg diambil, pecat atau tidak, itu sudah pasti keputusan yg benar.
38elmoudy
wrote on 26 February 2010 at 16:40
Racunilah komersialisasi dengan pertemanan.
kata2 teakhir ini yang bikin hebaat..
taruhannya.. pertemanan bakalan makin erat, atau sebaliknya
hancur beratakan
siap yang menang.. siapa yang kalaah…
hmm.. wkatu yang ngejawab
39Kakaakin
wrote on 26 February 2010 at 19:23
Hehe… terus terang aku baru kepikiran soal ini…
Bener juga ya… *sambil manggut-manggut*
40elia bintang.
wrote on 27 February 2010 at 10:21
thanks all for the comments! di posting ini, gue ga reply satu2 karena ttg sesama musisi indonesia. walaupun gue ga tulis namanya, tapi kira2 lo ngerti lah siapa yg dimaksud.
it’s just my opinion though. i’m not sorry for it but i keep the ethics
41weirdaft
wrote on 28 February 2010 at 0:04
yup, saya setuju jg. musik2 industri sekarang bener2 gak bisa dibandingin sama musik2 dulu. kalah jauh kualitasnya. klo sekarang, tampang ok, lagu parah, bisa main alat musik, jadi deh titel musisi. main musik gak pake hati, tapi sama kyk lagu permintaan
42imadewira
wrote on 1 March 2010 at 7:43
hmmmm, kayaknya saya tahu siapa yang disindir, hehe
43Bitch, The
wrote on 3 March 2010 at 4:38
euh, ga bisa bales komeng dengan komeng ya? padahal gwa pen bales komeng simbok. LOVE YOU MORE, BABY!
*OOT seOOT OOTnya OOT*
44Program kasir
wrote on 3 March 2010 at 15:37
Bagus juga artikel nya, nice for info mas …